KICAU BURUNG : Ungkapan yang mengatakan, “Kecil-kecil cabe rawit,” apabila diterapkan pada jenis-jenis burung di dunia, paling cocok adalah disematkan pada burung kenari. Dengan ukurannya yang kecil, burung kenari merupakan salah satu burung yang paling susah ditebak. Tidak hanya pergerakannya secara umum, namun juga perbedaan antara jenis kelaminnya, di mana sering kali sulit membedakan antara yang mana yang jantan dan yang mana yang burung kenari betina. Agar lebih jelas, mari kita lihat ulasan cara membedakannya pada artikel berikut ini:
KICAU BURUNG :

1. Postur Tubuh Secara Umum



Berbeda dengan lovebird yang postur tubuhnya cenderung melawan arus, kita lebih dapat melihat perbedaan postur tubuh yang sesungguhnya pada burung kenari. Sebagaimana kita pikirkan sebelumnya, burung kenari betina cenderung memiliki postur tubuh secara umum yang tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan pasangannya yakni burung kenari jantan. Selain itu, burung kenari betina juga memiliki postur tubuh yang cenderung membulat secara umum, sedangkan versi jantannya memiliki tubuh yang lebih memanjang.

2. Benjolan Di Bagian Bawah Badan Burung Kenari



Jangan salah sangka, pada poin kedua ini, saya tidak hendak berbicara mengenai penyakit yang menimbulkan benjolan. Alih-alih, benjolan ini adalah sesuatu yang alami bagi burung kenari jantan, di mana benjolan yang oleh banyak referensi disebut kloaka ini akan sangat jelas terlihat apabila badan burung kenari jantan dibalik 180 derajat (posisi tengkurap). Sementara itu, benjolan atau kloaka pada burung kenari betina akan lebih rata dengan perutnya.

3. Warna Bulu Di Badan Masing-Masing



Meskipun kecil, burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang suka akan detail. Hal ini disebabkan detail-detail yang mungkin terlihat remeh bagi sebagian besar orang seperti warna bulu dapat menjadi indikator yang baik akan jenis kelamin burung kenari betina atau jantan. Burung kenari betina umumnya akan memiliki warna bulu yang lebih pudar dan samar, serta memberikan kesan yang lemah lembut. Sementara itu, burung kenari jantan cenderung memiliki warna bulu yang lebih terang.

4. Bentuk Kepala


Bentuk kepala burung kenari juga dapat memberikan gambaran mengenai jenis kelamin burung kenari tersebut, yakni apakah burung kenari tersebut adalah burung kenari jantan atau burung kenari betina. Pada kenari betina, sama halnya dengan lovebird, bentuk kepalanya akan cenderung membulat. Apabila digabungkan dengan postur tubuhnya secara umum yang juga membulat, maka bentuk keseluruhan anatomi burung kenari betina sangat cocok untuk mengasuh anak. Di sisi lain, kenari jantan akan memiliki bentuk kepala yang lebih ramping atau pipih.

5. Karakter Wajah



Tidak hanya manusia yang memiliki karakter wajah yang unik, burung kenari juga memilikinya (meskipun tanpa riasan kosmetik, tentu saja). Meskipun karakter wajah lebih merupakan cara yang umum untuk membedakan antara burung kenari betina dengan burung kenari jantan, karakter wajah dapat memberikan penilaian yang cukup akurat mengenai jenis kelamin burung kenari. Umumnya, burung kenari betina akan memiliki karakter wajah yang lebih lembut dibandingkan dengan burung kenari jantan yang cenderung sangar.

6. Jarak Mata Dengan Paruh Burung Kenari



Ini juga merupakan indikator tubuh yang membedakan jenis kelamin burung kenari betina dengan jantan. Mirip halnya saat kita belajar menggambar anatomi wajah wanita dengan pria dalam manga, jarak mata wanita cenderung lebih jauh dengan alis, demikian juga jarak mata burung kenari betina lebih jauh dengan hidung atau paruh dibandingkan pasangannya, yakni burung kenari jantan yang memiliki jarak mata ke paruh yang cenderung rata.

7. Jarak Lompatan



Sebagai juara dalam hal olahraga, burung kenari jantan memang olahragawan sejati yang menjuarai cabang olahraga lompat galah. Hal ini disebabkan jarak lompatan yang dapat dilakukan burung kenari jantan lebih lebar dibandingkan burung kenari betina. Burung kenari betina, dengan naturnya sebagai penjaga sarang dan penjaga anak, cenderung memiliki jarak lompatan yang lebih pendek dibandingkan dengan burung kenari jantan.

8. Suara Atau Bunyi Yang Dihasilkan Masing-Masing Kenari



Ini adalah satu lagi cara membedakan jenis kelamin antara burung kenari betina dan burung kenari jantan, yakni suara atau bunyi-bunyian yang dihasilkan. Dengan bunyi atau suaranya yang sanggup ngekek (bahasa Jawa-Surabaya untuk tertawa yang bunyinya cenderung seperti orang menyanyi) dalam jangka yang cukup panjang, kenari jantan merupakan salah satu kenari yang laris dibeli para pecinta kenari sekaligus banyak diikutkan pada lomba-lomba. Sementara itu, kenari betina juga bisa ngekek, meskipun bunyinya cenderung putus-putus.

9. Adanya Vena Pada Tubuh Kenari


Pembuluh balik, vena, urat nadi, atau apapun itu namanya, merupakan salah satu cara untuk membedakan burung kenari betina dengan kenari jantan yang cukup mudah dilakukan. Hal ini disebabkan pembuluh balik atau vena merupakan organ internal burung kenari yang sudah terlihat sejak kenari baru berusia sekitar 2-3 bulan. Adapun pembuluh balik dari burung kenari betina normalnya tidak akan terlalu terlihat dibandingkan burung kenari jantan.

10. Kedekatan Dengan Induk



Inilah elemen kepribadian yang menjadikan burung kenari lebih hidup. Dibandingkan dengan lovebird yang kaya akan warna-warni kepribadian, burung kenari relatif lebih mudah membedakan kepribadiannya, yakni dengan melihat kedekatannya dengan induk burung kenari, yakni burung kenari betina dewasa. Saat masih anak-anak, burung kenari jantan akan terus berbunyi kalau dipisahkan dengan induknya, sementara burung kenari betina tidak terlalu peduli. Maklum, ‘kan sama-sama perempuannya…

11. Posisi Favorit Saat Bertengger



Sebagai makhluk hidup yang senang bertengger, sikap atau posisi yang disukai burung kenari saat bertengger juga dapat menjadi salah satu tolok ukur terbaik yang dapat kita perhitungkan untuk membedakan apakah burung kenari tersebut merupakan burung kenari betina atau burung kenari jantan. Dalam hal posisi favorit ini, burung kenari sama dengan lovebird, yakni yang betina sama-sama suka ngangkang (bahasa slang untuk berdiri dengan dua kaki dibuka lebar-lebar) dan yang jantan lebih suka bertengger dengan kaki merapat.

12. Kekuatan Fisik Yang Dimiliki



Nampaknya ini merupakan cara yang cenderung umum untuk menjadi pembeda antara burung kenari betina dengan burung kenari jantan, namun siapa sangka, burung kenari pun dapat dibedakan jenis kelaminnya secara akurat dengan melihat langsung pada performa fisiknya? Burung kenari jantan dengan naturnya sebagai pemburu memiliki kekuatan fisik yang lebih kuat dibandingkan dengan burung kenari betina. Hal ini menguntungkan burung kenari jantan, khususnya pada saat mencengkeram sesuatu seperti batang pohon yang besar.

13. Ukuran Kaki Sebagai Indikator Gender



Berhubungan dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh baik burung kenari jantan maupun betina, ukuran kaki juga dapat menjadi indikator yang akurat mengenai jenis kelamin burung kenari, apakah itu burung kenari betina atau burung kenari jantan. Untuk dapat mencengkeram serta bertahan hidup dengan kerasnya alam, burung kenari jantan dibekali dengan ukuran kaki yang lebih besar dibandingkan burung kenari betina. Selain itu, jari-jari kaki burung kenari jantan juga lebih renggang dibandingkan burung kenari betina yang cenderung rapat.

14. Sikap Mental Menghadapi Burung Kenari Yang Lain



Inilah satu lagi elemen psikis yang dapat kita pakai untuk menilai jenis kelamin burung kenari, yakni menentukan apakah burung kenari tersebut adalah burung kenari betina atau burung kenari jantan. Sebagai burung kenari yang lebih sering diikutkan lomba, wajar bagi burung kenari jantan untuk memiliki sikap mental yang cenderung bersaing dengan burung kenari lainnya, khususnya sesama burung kenari jantan dalam hal mengeluarkan bunyi-bunyian yang paling panjang ataupun kekuatan kaki yang lebih kuat untuk mencengkeram. Sementara itu, merupakan hal yang wajar bagi burung kenari betina untuk memiliki sikap mental yang kooperatif dan cenderung hidup dalam damai dengan burung kenari yang lain.

15. Intensitas Aktivitas Yang Dilakukan



Poin keempat belas mengenai membedakan burung kenari betina dengan burung kenari jantan ini merupakan salah satu poin cara yang mungkin sebagian di antara kita telah mengetahuinya sebelumnya. Dengan naturnya sebagai petarung dan pemburu, burung kenari jantan memiliki intensitas atau frekuensi aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari betina. Artinya, burung kenari jantan akan lebih aktif mencari sesuatu yang ia inginkan dibandingkan burung kenari betina.

Cukup mudah, bukan, membedakan burung kenari betina dengan kenari jantan? Paling tidak, kelima belas cara yang saya ajukan pada artikel ini telah menjadi indikator yang paling baik untuk membedakan jenis kelamin antar burung kenari, karena sudah banyak referensi yang telah membuktikannya. Dengan mengetahui cara-cara membedakan burung kenari betina dari jantan pada artikel ini, paling tidak sekarang Anda lebih tahu perawatan maupun pelatihan yang lebih baik untuk masing-masing burung kenari dengan jenis kelamin yang berbeda-beda.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: